Digital Marketing: Strategi Pemasaran dan Hal yang Harus Dipahami Entrepreneur untuk Mempertimbangkan Media Digital Sebagai Media Promosi

 

sumber: katarsa.id

Kalau kita ingin menguasai masa depan maka kita harus menguasai teknologi digital. Begitupun menurut teori Darwin yang mengatakan bahwa manusia yang berhasil dan sukses, yang bisa memenangkan sebuah pertempuran itu adalah bukan orang yang paling kuat, bukan yang paling besar, tetapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahan. Maka, dengan banyaknya perubahan yang terjadi mau tidak mau kita harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada termasuk dengan teknologi digital yang saat ini sedang berkembang pesat.

Saat ini, peran internet dan teknologi digital sudah menguasai dunia, sehingga hal itu menyebabkan perubahan perilaku pada konsumen. Keadaan tersebut kemudian dijadikan peluang oleh para pebisnis bahwa kita harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen agar kita tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi di dunia wirausaha.

Beberapa Hal dalam Digital Marketing yang Wajib Dipahami Oleh Pelaku Wirausahawan Muda.

Kebutuhan mengenai digital marketing begitu penting bagi para entrepreneur muda. Mengapa dikatakan penting? Karena kemajuan tekonologi informasi dan komunikasi di era distruptif ini menjadi hal yang harus dan wajib kita pahami dan kita lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran dalam dunia kewirausahaan. Kemudian, kita mengingat lagi bahwa di era pandemi covid-19 semakin mengakselarasi dan membuktikan betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan, karena ketika orang sudah tidak bisa mengakses cara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaran yang dilakukan maka media digital menjadi satu-satunya solusi dalam masa pandemi covid-19 ini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital.

sumber: meson-digital.com

 

Di bawah ini merupakan beberapa data yang wajib diketahui dan dipahami oleh entrepreneur dalam mempertimbangkan media digital sebagai media promosi.

·         Berdasarkan data Januari 2019:

o   Populasi di Indonesia adalah 268,2 juta jiwa, dan dari populasi tersebut 150 juta di antaranya sudah melakukan penetrasi terhadap penggunaan internet.

o  Keseluruhan dari pengguna internet tersebut sudah aktif mengakses dan menggunakan sosial media, 130 juta dari 150 juta pengguna internet menggunakan mobile phone dalam penggunaan sosial media. Jadi, hampir 80% dari pengguna aktif media sosial mereka mengakses menggunakan smartphone, yang artinya kebanyakan orang saat ini menggunakan smartphone. Sehingga mengapa beberapa pemasar saat ini menggunakan media sosial sebagai strategi pemasarannya.

·         Berdasarkan data Januari 2020:

o   Populasi di Indonesia bertambah 1,1% yaitu bertambah sebanyak 2,9 juta.

o   Pertumbuhan penggunaan smartphone bertambah 4,6% yaitu bertambah sebanyak 15j uta pengguna.

o   Pertumbuhan pengguna internet bertambah 17% atau bertambah sebanyak 25 juta.

o   Pertumbuhan pengguna media sosial bertambah 8,1% atau sebanyak 12 juta

Dari kedua data tersebut dapat dilihat bahwa pertumbuhan penggunaan smartphone, internet, dan media sosial lebih cepat dari pertumbuhan populasi di Indonesia dalam kurun waktu 1 tahun, hal ini menunjukkan suatu gejala positif yang harusnya dipandang oleh para entrepreneur sebagai peluang. Artinya bahwa muncul sebuah pola baru dalam konsumen yang membuat kita harus mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran dan tidak perlu lagi melakukan promosi secara konvensional karena hal itu sudah tidak efektif dan efisien lagi bagi perusahaan atau bagi entrepreneur.

Misalnya, apabila kita melakukan promosi dengan menyebarkan brosur, bisa saja orang yang menerima brosur tersebut tidak ingat meletakannya dimana ketika ingin membaca brosurnya lagi, atau bisa jadi hilang, rusak, dan hal-hal lain yang mungkin bisa saja terjadi. Lalu kemudian apabila kita melakukan promosi melalui papan iklan atau billboard di pinggir jalan, mungkin orang tidak sempat mengingat iklan tersebut karena sibuk mengendarai.

Beda halnya apabila kita menggunakan media digital sebagai media promosi. Data pada Januari 2019 menunjukkan bahwa rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktunya sebanyak 8 jam 36 menit untuk menggunakan internet dan media sosial, dan rata-rata tersebut lebih banyak daripada untuk menggunakan hal lain.

Dan berdasarkan data pada Januari 2019, media sosial YouTube menjadi platform yang paling sering digunakan, diikuti oleh Whats App, Facebook, Instagram, LINE, Twitter, FB Messenger, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya menjadi informasi dan wawasan baru bagi para entrepreneur untuk bisa mempertimbangkan bahwa di media sosial mana yang akan dilakukan promosi.

Rencana dan Strategi Pemasaran Agar Bisnis Semakin Berkembang

Dalam berwirausaha tentunya kita harus menyusun rencana dan strategi agar bisnis yang kita miliki berjalan dengan sukses dan tidak jalan ditempat.

SOSTAC Marketing Diagram bisa kita gunakan untuk mengatur strategi kita dalam berwirausaha agar bisnis kita semakin berkembang.

SOSTAC Marketing Diagram tersebut di antaranya:

  • ·         Situation Analysis: Where are we now?

Goal performance, bagaimana penilaian pelanggan terhadap produk atau jasa yang kita punya, kita harus mengetahui kekuatan dan kelemahan dari usaha kita, peluang dan ancamannya apa, dengan begitu kita bisa mengevaluasi bisnis yang kita lakukan.

  • ·         Objectives: Where do want to be?

Menentukan objek kita seperti; kita mau menginginkan improvment sells, serve, dan mengkomunikasikan produk dan layanan yang seperti apa kepada pelanggan, dan seberapa besar kita ingin melakukan efisiensi dalam bisnis kita.

  • ·         Strategy: How do we get there?

Kita mulai menyusun hal-hal seperti; siapa target dari bisnis kita dan positioningnya seperti apa. Lalu apakah value yang kita unggulkan dalam bisnis kita. Bagaimana kita meningkatkan kredibilitas kita melalui media digital.

  • ·         Tactics: How exactly do we get there?

E-marketing mix apa yang akan kita lakukan, media platform apa saja yang akan kita gunakan. Bagaimana kita menjalin komunikasi. Bagaimana kita akan melakukan penjadwalan tentang posting, melakukan cara-cara promosi yang seperti apa yang dilakukan secara detail.

  • ·         Actions: The details of tactics

Kita melakukan promosi iklan melalui Facebook, Instagram, dan lain-lain.

  • ·         Control: How do we monitor performance?

Terkait dari apa yang kita lakukan di Situation Analysis, apakah sells sudah benar naik sesuai dengan performance kita, apakah benar kita sudah memberikan value terhadap produk dan layanan kita, apakah benar kita sudah meningkatkan layanan yang memuaskan kepada pelanggan dan sudah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

SOSTAC Marketing Diagram memiliki pengertian bahwa langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu di mana posisi kita saat ini, lalu dengan begitu kita bisa menentukan apa yang menjadi tujuan kita, langkah berikutnya adalah strategi atau bagaimana cara kita untuk mencapai tujuan itu, lalu kita menyusun taktik yang tepat, setelah itu kita lakukan, kemudian di akhir kita perlu melakukan kontrol, apakah semua yang kita lakukan sebelumnya sudah cukup untuk memenuhi target dan tujuan kita. Jika belum, kita perlu kembali ke proses sebelumnya dan mengubah apa yang salah dari langkah-langkah yang pernah kita lakukan dan terus kembali untuk memperbaikinya, jangan pernah berhenti

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Tentang Penulis

Foto saya
Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta 2020

Pengikut